PASAR TRADISIONAL SOKOGURU EKONOMI NASIONAL YANG PUNYA DAMPAK SISTEMIK UNTUK RAKYAT KECIL, TAPI NGGAK PERLU BAIL OUT ATAU SUBSIDI UNTUK PENGEMBANGANNYA.... YANG DIINGINKAN HANYA PERLAKUAN YANG ADIL...
Mengembangkan kembali pasar tradisional dan menjadikannya pasar yang bersih, nyaman, aman dan memiliki nilai tambah bagi semua pedagang, pembeli dan stakeholder lainnya. Hasil yang diharapkan:Menciptakan ... more >>
News
Source: http://irwankhalis.blogspot.com/
Date: 30 May 2010
Investor Siap Bangun
Pemkot Belum Sediakan Lahan Penampungan Pedagang
BATU - Masuknya PT Panglima Capital Itqoni (PCI) sebagai calon investor yang berminat membangun Pasar Batu disambut gembira Pemkot Batu. Apalagi, pemkot melihat PCI sangat serius untuk menjadi investor.

Keseriusan itu bisa dilihat dari usaha PCI mengumpulkan data dan fakta tentang pasar dalam beberapa minggu ini. "Konsep yang ditawarkan PT Panglima ini bagus, karena mereka juga menyerap aspirasi pedagang secara langsung," jelas Eko Suhartono, Kabag Humah Pemkot Batu.

Menurut dia, pemkot akan memfasilitasi jika memang rencana dari investor itu juga disetujui oleh pedagang. Tetapi, untuk proses negosiasi dengan pedagang, pemkot tidak ikut campur jika pihak PT merasa sudah mampu berkomunikasi sendiri. Yang jelas, konsep yang dipaparkan PCI di Hotel Klub Bunga, Rabu (26/5) lalu, kepada para kepala SKPD (satuan kerja perangkat daerah), kepala desa, dan wali kota dinilai sangat bagus.

Konsep itu tidak menghilangkan kesan sebagai pasar tradisional yang telah ada saat ini. Walau kesan tradisional masih kuat, namun modelnya lebih dipermodern. Mantan Camat Bumiaji tersebut menambahkan, rencana pemkot membangun pasar salah satu tujuannya memang memajukan pasar.

Eko menjelaskan, jika pasar jadi dibangun, pemkot akan menyiapkan lahan penampungan sementara bagi pedagang. Namun, hingga saat ini, terangnya, lokasi yang akan dijadikan penampungan masih belum dibahas pemkot.

Sementara itu, PCI terus melakukan sosialisasi dan pemahaman kepada pedagang. Pihak PT ingin menemui satu persatu pedagang pasar untuk menyerap masukan mereka. Selain itu, tiap pedagang yang resmi akan didata dan dipotret untuk memastikan keberadaannya.

Irwan Khalis, direktur PT PCI mengatakan, pembangunan pasar bisa dilakukan jika semua pedagang sudah sepakat dan siap. Artinya, jika dalam waktu dekat bisa menyepakati, pembangunan pasar juga bisa segera dimulai. Namun, jika pedagang masih sulit, maka bisa saja lebih lama "Intinya saat ini kami sudah siap," tegas Irwan.
   
PT Bina Warga Itqoni, Graha Mandiri Lt.26, Jl. Imam Bonjol No.61 Jakarta Pusat 10310
Telp. (+6221) 3155725 Fax. (+6221) 2302195 Email: info@itqoni.co.id
Copyright 2010